10 Manfaat dan Khasiat Buah Pala, bagi Tubuh Kita
Ilmu Sehat

By JUMAKIR, S Pd., MM 31 Mei 2021, 19:51:20 WIB tumbuhan
10 Manfaat dan Khasiat Buah Pala, bagi Tubuh Kita

Gambar : Buah Pala (https://www.khasiat.co.id/buah/pala.html)


KANGJO.NET, Kalua Tanjung. Pala merupakan buah yang kegunaannya seperti rempah dan sering dijadikan sebagai bumbu dapur untuk menyedapkan masakan. Ukuran buah ini cukup kecil dengan warna kuning pada bagian luarnya. Sekilas, buah ini lebih mirip seperti duku. Baunya juga sangat khas rempah-rempah. Buah pala merupakan buah yang langka dan tidak mudah untuk ditemukan di semua daerah di Indonesia. Anda hanya akan menemukan buah ini di daerah penghasilnya saja.

Masih banyak orang yang belum mengetahui kandungan gizi dari buah ini. Buah pala mengandung kalori, protein, lemak, karbohidrat, zat samak, zat pati, saponin, scolopetin, miristisin, elemisi, enzim lipase, pectin, limonene, zat besi, kalsium, vitamin A, B1, dan juga C. Selain berfungsi untuk bumbu dapur atau penambah rasa pada makanan, buah pala juga memiliki manfaat dan khasiat yang baik untuk kesehatan tubuh. Mari kita simak penjelasan detailnya di bawah ini.

Agar tidak salah dalam memahami manfaat dan khasiat pala, kami berikan rincian penjelasan tentang beberapa kegunaan buah ini untuk kesehatan Anda. Berikut ini informasinya.

1. Obat masuk angin

Khasiat pala untuk Anda yang terkena masuk angin adalah sebagai obat pereda penyakit ini. Minyak atsiri pada buah ini bisa menjadi senyawa penyembuh untuk sakit masuk angin. Caranya dengan merebus buah pala lalu meminum air rebusannya.

2. Mengatasi insomnia

Insomnia adalah penyakit yang menyerang kenyamanan istirahat Anda. Penyakit ini menyebabkan Anda tidak bisa tidur sehingga akan mengganggu kesehatan Anda. Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan manfaat pala untuk mencegah insomnia.

3. Peningkat nafsu makan

Khasiat pala yang selanjutnya yaitu sebagai makanan yang dapat meningkatkan nafsu makan. Buah ini mengandung enzim lipase yang bisa mendorong tubuh untuk makan lebih banyak. Buah ini sangat cocok diberikan kepada anak Anda yang memiliki nafsu makan yang kurang.

4. Pelancar pencernaan

Enzim lipase dalam buah pala juga berperan untuk membuat pencernaan Anda menjadi lancar. Sistem pencernaan memerlukan nutrisi yang baik untuk membantu mengolah makanan yang masuk ke dalam tubuh dengan sempurna.

5. Mengatasi muntah

Khasiat pala sebagai antiemetik berguna untuk mengatasi muntah yang disebabkan oleh rasa mual. Itulah kenapa buah ini sering dijadikan obat untuk orang yang mabuk ketika berkendara dengan mobil atau bus.

6. Mengobati nyeri

Satu lagi fungsi antimetik pada buah pala yaitu sebagai obat pereda nyeri. Bagi Anda wanita yang sering mengalami kram atau nyeri perut saat datang bulan, Anda bisa mencoba buah ini sebagai pereda nyeri perut.

7. Menyembuhkan asam lambung

Manfaat pala untuk lambung yaitu menetralkan asam lambung yang terlalu tinggi. Asam lambung yang tinggi adalah penyebab utama Anda mengalami gejala penyakit maag. Zat saponin dalam buah ini bisa meredakan asam lambung yang berlebihan.

8. Penghilang rasa sakit

Khasiat pala untuk Anda yang sering merasakan sakit di bagian tubuh tertentu adalah dengan cara meredakannya. Buah ini memiliki kandungan mentol yang mampu menghilangkan rasa sakit akibat cedera atau peradangan.

9. Menjaga kesehatan otak

Kesehatan otak dapat Anda jaga dengan mengonsumsi buah pala yang mengandung miristin. Senyawa ini adalah salah satu senyawa yang baik untuk menyehatkan otak dan membantu meningkatkan fungsi otak.

10. Mengatasi racun dalam tubuh

Manfaat pala sebagai detoksifikasi adalah membuang racun berbahaya yang masuk ke dalam tubuh. Buah ini bisa membersihkan racun yang mengendap pada organ tubuh Anda. Hasilnya, organ tubuh Anda akan terhindar dari bahaya penyakit kronis.

SUMBER : https://www.khasiat.co.id/buah/pala.html

Artikel ini telah tayang di www.khasiat.co.id dengan judul:30 Manfaat dan Khasiat Buah Pala untuk Kesehatan

 




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment