10 Manfaat dan Khasiat Kesehatan Buah Sirsak bagi Tubuh
Ilmu Sehat

By JUMAKIR, S Pd., MM 31 Mei 2021, 19:46:32 WIB tumbuhan
10 Manfaat dan Khasiat Kesehatan Buah Sirsak bagi Tubuh

Gambar : Buah Sirsak (doc. https://www.bing.com/images/search?)


KANGJO.NET, Kelua Tabalong. Buah sirsak adalah buah yang berasal dari daerah Amerika Selatan dan juga Tengah. Walaupun berasal dari Amerika, buah ini sudah menjadi buah yang biasa di produksi di Indonesia. Buah sirsak mirip dengan buah nangka, hanya baunya saja yang berbeda. Kulit buah ini berwarna hijau dan berduri. Daging buahnya berwarna putih dengan biji berbentuk lonjong hitam di dalamnya. Selain enak, buah ini juga sangat bagus untuk kesehatan.

Buah sirsak tidak hanya baik untuk dikonsumsi, tapi daun dan pohonnya juga bisa dimanfaatkan untuk nutrisi tubuh. Contoh kandungan yang ada pada buah ini yaitu karbohidrat, vitamin C, B1, dan B2. Buah sirsak tidak hanya mengandung vitamin, namun juga serat, mineral, fosfor, serta kalsium. Buah ini juga sudah teruji klinis untuk pengobatan tradisional. Apa saja manfaat sirsak serta khasiat sirsak? Simak penjelasan langkap

Agar tidak salah dalam memahami manfaat dan khasiat sirsak, kami berikan rincian penjelasan tentang beberapa kegunaan buah ini untuk kesehatan Anda. Berikut ini informasinya.

1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Khasiat sirsak untuk kekebalan tubuh adalah dengan meningkatkannya sehingga Anda tidak mudah terserang penyakit. Senyawa acetogenin san muricapentocin ada dalam buah ini. Keduanya bisa membantu Anda meningkatkan sistem imun.

2. Sumber energi tubuh

Manfaat sirsak untuk energy tubuh memang sudah tidak bisa dipungkiri lagi. Hal ini karena kandungan karbohidrat dan vitamin B1 pada buah ini dapat menjadi sumber makanan dengan energy yang cukup untuk tubuh.

3. Meningkatkan daya konsentrasi

Fokus dengan konsentrasi yang tajam akan memaksimalkan fungsi otak Anda sehingga bisa bekerja dengan optimal. Khasiat sirsak untuk otak didukung oleh kandungan tiaminnya yang senantiasa akan menyegarkan otak sehingga menjauhkan Anda dari depresi.

4. Membantu meningkatkan produksi hemoglobin

Manfaat sirsak dengan kandungan riboflavin adalah membantu meningkatkan penambahan sel darah merah. Hasilnya adalah aliran oksigen dalam darah Anda bisa menyebar dengan lancar ke seluruh bagian tubuh.

5. Menyehatkan pencernaan

Vitamin B2 dalam buah sirsak akan membuat pencernaan Anda lancar. Pencernaan yang tidak lancar biasanya membuat tubuh sulit menyerap kandungan gizi dan nutrisi makan yang ada. Dengan bantuan buah sirsak, Anda bisa menjaga kondisi pencernaan dalam tubuh dengan lebih baik.

6. Mencegah penyakit jantung

Salah satu manfaat sirsak yang istimewa adalah khasiatnya sebagai obat pencegah penyakit jantung. Hal ini karena senyawa vitamin C dalam buah ini mampu melancarkan peredaran darah di sekitar pembuluh jantung.

7. Melawan penyakit kanker

Vitamin C dalam sirsak juga berkhasiat untuk melawan kanker dengan cara membunuh serta membuah sel-sel rusak pemicu kanker. Dengan mengonsumsi buah ini, Anda bisa terhindar dari penyakit berbahaya seperti kanker.

8. Mengobati diabetes

Untuk Anda penderita diabetes, Anda tidak perlu khawatir untuk memakan buah ini. Manfaat sirsak mampu mengontrol kadar gula untuk penderita diabetes, karena jumlahnya yang memang tidak terlalu tinggi.

9. Membuang kolestrol jahat dalam tubuh

Kolesterol bisa membuat Anda terjangkit penyakit kronis seperti jantung dan juga kegemukan. Nah, khasiat sirsak untuk hal tersebut adalah dengan membuang kolesterol jahat yang ada pada tubuh Anda. Anda tetap akan senantiasa sehat dengan mengonsumsi buah ini.

10. Mengatasi hipertensi

Manfaat sirsak yang berkaitan dengan darah yaitu mengatasi tekanan darah tinggi atau hipertensi. Jika Anda memakan buah ini dengan rutin, niscaya Anda akan terhindar dari penyakit hipertensi yang berbahaya bagi tubuh.

SUMBER: https://www.khasiat.co.id/buah/sirsak.html

Artikel ini telah tayang di www.khasiat.co.id dengan judul:20 Manfaat dan Khasiat Buah Sirsak untuk Kesehatan




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment