10 Manfaat dan Khasiat Kesehatan Bunga Kamboja Putih bagi Tubuh Kita
Ilmu Sehat

By JUMAKIR, S Pd., MM 31 Mei 2021, 18:31:46 WIB tumbuhan
10 Manfaat dan Khasiat Kesehatan Bunga Kamboja Putih bagi Tubuh Kita

Gambar : https://www.khasiat.co.id/bunga/kamboja-putih.html


10 Manfaat dan Khasiat Kesehatan Bunga Kamboja Putih bagi Tubuh Kita

KANGJO.NET, Kelua Tabalong. Bunga kamboja putih dengan sebutan nama latin Plumeria. Diabadikan dari nama seorang botani asal Prancis bernama Charles Plumier sebagai orang pertama yang menemukan tanaman ini ketika melakukan perjalanan ke dunia baru Amerika pada abad ke-16. Tak heran kalau bunga ini terdapat di Negara Amerika tropik. Sekilas bila di lihat bunga ini hanyalah tanaman hias perindang yang berbunga indah untuk dipandang dengan tebaran aromanya harum lembut berkesan mewah perpaduan antara wangi dahlia, melati dan mawar, sementara itu banyak yang tidak megetahui justru manfaat utama dari tanaman ini ada pada bunganya.

Bunga ini bermanfaat untuk mencegah berbagai jenis penyakit diantaranya, rematik atau asam urat, meredakan demam, menghentikan batuk, dan lain sebagainya. Oleh karena itu banyak orang yang memanfaatkan bunga ini sebagai obat atau ramuan tradisional yang berkhasiat untuk kesehatan tubuh. Selain itu, wangi bunga ini dapat digunakan sebagai bahan campuran sabun, obat nyamuk, dan minyak wangi. Untuk anda yang ingin mengetahui apa saja manfaat dan khasiat bunga kamboja putih ini, berikut inilah manfaatnya.

1. Mengobati bisul

Khasiat kamboja putih yang pertama bisa membantu anda untuk mengobati penyakit bisul atau benjolan merah pada kulit. Kandungan dalam bunga ini berkhasiat untuk mencegah atau mengobati penyakit bisul yang umumnya terletak pada bagian pantat. Maka dari itu, anda dapat mengkonsumsi bunga ini sebagai obat bisul tradisional.

2. Mengatasi bengkak

Bengkak merupakan salah satu dari lima ciri utama pada peradangan, bersama dengan rasa sakit, panas, warna kemerahan, dan disfungsi. Oleh karena itu jika anda sering mengalami luka bengkak akibat terjatuh atau terbentur anda dapat mengatasinya dengan memanfaatkan bunga kamboja putih ini sebagai obat alami yang menyembuhkan bengkak.

3. Menghilangkan tahi lalat

Manfaat lainnya dari bunga ini adalah menghilangkan tahi lalat. Anda dapat mencobanya dengan cara, 1 tangkai bunga ini lalu ambil getahnya, kemudian oleskan perlahan-lahan pada tahi lalat anda. Lakukan berlaki-kali sampai tahi lalat anda menghilang dengan sendirinya.

4. Sebagai anti radang

Bunga kamboja putih juga mempunyai khasiat yang sangat ampuh untuk mencegah anti radang atau peradangan dalam tubuh. kandungan flavonoid dalam bunga ini bermanfaat untuk membantu mengobati luka dalam akibat peradangan.

5. Mengobati sakit gigi

Khasiat bunga ini yang lainnya membantu anda dalam menjaga kesehatan gigi. Fungsi gigi adalah untuk mengunyah makanan. Agar gigi anda tetap sehat, maka anda dapat memanfaatkan bunga ini untuk menjaga kesehatan gigi anda. Hal inilah yang menjadikannya baik untuk dikonsumsi.

6. Mengobati kencing nanah

Bunga kamboja putih juga bisa membantu anda untuk mengobati penyakit menular pada seks seperti kencing nanah. Anda bisa mengobatinya dengan bunga ini. Caranya rebus bunga ini dengan 2 gelas air sampai mendidih lalu minum sehari sekali.

7. Mencegah penyakit kulit

Khasiat lain dari bunga ini dapat membantu untuk mencegah iritasi kulit yang disebabkan oleh bakteri. Penyakit kulit tergolong penyakit yang mudah menular. Oleh karena itu, dapat dicegah dengan melakukan pengobatan herbal dengan memanfaatkan bunga ini.

8. Menghilangkan kutil

Khasiat bunga ini juga dapat digunakan sebagai menghilangkan kutil. Cara ini sama dengan menghilangkan tahi lalat, namun anda harus berhati-hati karena getah bunga ini sangat tajam dan dapat melukai bagian kulit, maka dalam penggunaannya jangan sampai terkena ke bagian kulit yang lain.

9. Menjaga elastisitas kulit

Bunga ini memberikan sensasi alami yang bisa menjaga kondisi kulit anda tetap lembab karena kandungan Vitamin E dan emolin bermanfaat untuk menambah nutrisi pada kulit sehingga kulit akan tampak elastis dan lembut. Hal inilah yang menjadikannya baik untuk dikonsumsi.

10. Sebagai obat antibiotik

Bunga ini mempunyai kandungan antibiotik yang bermanfaat sebagai obat infeksi akibat yang ditimbulkan oleh bakteri. Oleh karena itu anda bisa mengkonsumsi bunga ini untuk menghentikan perkembangan bakteri atau mikroorganisme berbahaya yang berada didalam tubuh. Anda dapat mengkonsumsinya secara teratur.

Artikel ini telah tayang di https://www.khasiat.co.id dengan judul: 17 Manfaat dan Khasiat Bunga Kamboja Putih untuk Kesehatan

 

SUMBER :

https://www.khasiat.co.id/bunga/kamboja-putih.html

 




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment