10 Manfaat dan Khasiat Kesehatan Bunga Senggani (Karamunting) bagi Tubuh
Ilmu Sehat

By JUMAKIR, S Pd., MM 31 Mei 2021, 18:31:07 WIB tumbuhan
10 Manfaat dan Khasiat Kesehatan Bunga Senggani (Karamunting) bagi Tubuh

Gambar : https://www.khasiat.co.id/bunga/bunga-senggani.html


KANGJO.NET, Kelua Tabalong. Bunga senggani merupakan jenis bunga cantik berukuran kecil yang berwarna ungu cerah. Bagi Anda yang tidak terlalu paham dengan jenis bunga pasti akan mengira jika bunga ini adalah bunga anggrek. Tanaman senggani sendiri merupakan tanaman hias yang juga sering disebut dengan harendong. Selain nama ini, senggani juga punya sebutan lain di masing-masing wilayah di Indonesia. Mulai dari kemanden, kluruk, dan masih banyak lagi. Kegunaan bunga senggani dapat dijadikan bahan berkhasiat untuk meningkatka kesehatan tubuh.

Bunga senggani adalah jenis bunga yang membutuhkan sinar matahari langsung. Jadi jika Anda ingin memiliki bunga ini di rumah, pastikan paparan sinar matahari yang dibutuhkan cukup untuk pertumbuhannya. Selain manfaat hias, Anda juga bisa menggunakan bunga ini untuk memberantas beberapa jenis penyakit. Kandungan alami seperti tanin dan juga saponin tidak hanya terkandung dalam bunganya sajam, namun juga pada daun, biji, dan akar dari tanamannya.

Agar tidak salah dalam memahami manfaat dan khasiat bunga senggani, kami berikan rincian penjelasan tentang beberapa kegunaan bunga ini untuk kesehatan Anda. Berikut ini informasinya.

1. Meredakan rasa nyeri

Manfaat bunga senggani yang pertama yaitu dapat meredakan rasa nyeri yang Anda rasakan pada tubuh. Rasa nyeri yang dimaksud bisa berupa nyeri saat haid atau rasa nyeri ketika sakit kepala atau pun gejala nyeri lainnya.

2. Menyehatkan saluran kemih

Khasiat bunga senggani mampu membuat saluran kemih Anda menjadi lebih sehat. Efek dari saluran kemih yang sehat adalah tidak adanya penyait infeksi saluran kemih atau ISK serta membuat buang air kecil Anda menjadi lancar.

3. Anti inflamasi

Manfaat bunga senggani yang tidak kalah pentingnya yaitu dapat meredakan radang yang menyerang beberapa bagian tubuh Anda. Senyawa anti inflamasi dalam bunga ini ampuh untuk menghilangkan radang dalam tubuh.

4. Mencegah diare

Khasiat bunga senggani dengan kandungan sehatnya akan membunuh bakteri yang bersarang di dalam pencernaan Anda. Bakteri ini biasanya akan memicu penyakit diare. Itulah mengapa bunga ini juga disebut sebagai pencegah diare.

5. Menyehatkan pencernaan

Manfaat bunga senggani yang baik untuk kesehatan pencernan Anda yaitu dapat membuat pencernaan Anda menjadi lancar. Kesehatan organ pencernaan Anda juga akan berfungsi lebih baik dalam menjalankan proses pencernaan.

6. Obat keputihan

Keputihan pada wanita yang terlalu sering merupakan salah satu gejala gangguan kesehatan. Jika Anda sering mengalami keputihan, cobalah untuk mengatasinya dengan bunga senggani. Bunga ini mampu mencegah keputiha yang berlebihan.

7. Mengatasi pendarahan

Luka yang mengeluarkan darah tanpa henti atau mimisan yang terus mengeluarkan darah bisa Anda hentikan dengan bunga senggani. Bunga ini ampuh untuk mengatasi pendarahan berlebih yang keluar dari dalam tubuh.

8. Mencegah efek racun

Racun di dalam tubuh bisa membuat efek yang membahayakan kesehatan. Untuk mencegahnya sejak dini, Anda perlu menggunakna bunga senggani. Bunga ampuh ini akan menetralisir kandungan racun di dalam tubuh.

9. Menyembuhkan bisul

Bidsul di kulit Anda akan cepat matang dengan bantuan bunga senggani. Bunga ini mempunyai banyak khasiat yang baik untuk membuat bisul Anda cepat matang. Penyembuhannya pun akan lebih cepat.

10. Menambah produksi ASI

Kekurangan ASI merupakan salah satu hal yang mengkhawatirkan bagi ibu hamil karena bayi mereka tidak akan mempunyai asupan nutrisi yang sehat. Solusinya yaitu dengan bunga senggani yang bermanfaat dalam menambah produksi ASI.

artikel ini telah tayang di https://www.khasiat.co.id/ dengan judul: 15 Manfaat dan Khasiat Bunga Senggani untuk Kesehatan

SUMBER :

https://www.khasiat.co.id/bunga/bunga-senggani.html

 




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment