10 Manfaat dan Khasiat Kesehatan Getah Buah Pepaya Bagi Tubuh Kita
Ilmu Sehat

By JUMAKIR, S Pd., MM 31 Mei 2021, 19:25:52 WIB tumbuhan
10 Manfaat dan Khasiat Kesehatan Getah Buah Pepaya Bagi Tubuh Kita

Gambar : Pohon Pepaya


KANGJO.NET, Kelua Tabalong. Papaya merupakan salah satu buah yang kaya akan vitamin. Kandungan vitamin A di dalam buah ini sangat melimpah. Rasanya pun juga sangat enak dan segar. Tak heran jika banyak masyarakat yang suka mengonsumsi buah yang satu ini. buah papaya adalah buah yang hidup di daerah tropis. Bisa dikatakan buah papaya ini merupakan buah yang multifungsi mengingat tidak hanya buahnya saja yang bisa dimanfaatkan, namun hampir seluruh tanaman dari buah ini bisa dimanfaatkan. Bahkan getah buah pepaya juga bermanfaat.

Dibalik dari rasa manis yang dimiliki oleh buah papaya ini, ternyata buah ini memiliki nilai guna dan ekonomis yang tinggi. Buah, daun, dan batang memiliki atau mengandung getah yang berwarna putih seperti susu. Getah nuah pepaya mengandung enzim pemecah protein atau biasa disebut dengan nama papain. Biasanya enzim tersebut dimanfaatkan oleh perusahaan farmasi untuk membuat obat. Manfaat getah buah papaya juga sangat baik untuk kecantikan. Kandungan yang terdapat di dalamnya digunakan sebagai bahan baku untuk membuat kosmetik. Adapun manfaat dan khasiat getah buah papaya yang wajib Anda ketahui sebenarnya sangat banyak khususnya bagi kesehatan. Berikut ulasannya…

1. Mengatasi tumit pecah

Ketika musim panas atau kemarau, masalah pada kesehatan tumit terganggu yang salah satunya yaitu muncul pecah-pecah pada tumit. Untuk mencegah terjadinya pecah-pecah, sebenarnya Anda tak perlu membeli obat yang mahal. Anda cukup menggunakan getah buah papaya untuk mencegah pecah-pecah yang melanda. Getah buah papaya digosokkan pada bagian tumit dan selanjutnya dibiarkan selama 15 menit dan cuci hingga bersih. Untuk hasil yang efektif, maka Anda bisa mengaplikasikannya rutin setiap hari.

2. Mengobati penyakit kutil

Papilloma atau kutil merupakan penyakit yang sejenis dengan tumor pada kulit. Hal ini disebabkan karena adanya penebalan kulit yang berlebihan. Biasanya jika sudah membesar, kutil akan berubah bentuknya seperti bunga kol. Untuk menghilangkan kutil pada kulit, Anda bisa mengoleskan getah buah papaya ini setiap 3 jam sekali.

3. Mengobati kulit melepuh

Jika kulit melepuh akibat terkena panas, maka Anda bisa mengoleskan getah buah papaya ini dan diamkan semalaman. Akan tetapi, jika lukanya cukup besar maka Anda bisa memarut kepala dan menempelkannya pada luka di kulit Anda.

4. Mengobati sakit gigi

Sakit gigi memang bisa menyerang siapa saja. Faktor kebersihan menjadi salah satu penyebab utamanya. Jika gigi nyeri atau pun merasakan sakit lainnya, maka Anda bisa memanfaatkan getah buah papaya ini untuk menyembuhkannya. Ambil getah pada buah papaya yang masih muda selanjutnya teteskan pada bagian gigi yang sakit.

5. Mengobati luka bakar

Hal pertama yang wajib dilakukan ketika kulit terbakar adalah dengan melakukan pendinginan. Hal ini berlaku semenjak 30 menit pertama dengan menyiram air. Setelah itu, ambil getah buah pepaya lalu oleskan perlahan pada luka supaya luka bakar yang ada tidak semakin parah.

6. Menghilangkan jerawat

Jerawat merupakan salah satu permasalahan pada kulit wajah yang bisa mendera siapa saja. Penampilan akan menjadi kurang maksimal jika kulit Anda berjerawat. Jerawat yang tumbuh akan mengurangi rasa percaya diri Anda dan tentu saja menjadi risih. Namun, dengan memanfaatkan getah buah papaya, dipastikan jerawat yang menempel pada wajah bisa teratasi dengan mudah. Cara pengaplikasiannya pun juga sangat mudah yaitu dengan mengoleskannya langsung pada bagian wajah yang berjerawat.

7. Mengobati bekas luka

Bekas luka pada kulit ternyata perlahan bisa dihilangkan lho. Bagaimana caranya? Dengan memanfaatkan getah buah papaya, maka bekas luka pada kulit bisa hilang. Tentu saja hal ini dilakukan dengan pengolesan secara teratur tentunya.

8. Mengatasi Jerawat yang bengkak

Getah buah papaya ternyata tidak hanya bisa mengatasi jerawat yang menempel saja. Akan tetapi, jerawat yang sudah bengkak pun ternyata bisa kempes dan hilang jika sudah diolesi dengan getah buah papaya. Anda harus mencoba.

9. Mengatasi luka pada tumit

Permasalahan pada tumit ternyata bisa diatasi dengan cepat dan mudah dengan memanfaatkan getah buah karet. Tidak hanya tumit yang pecah-pecah, namun tumit yang luka pun juga bisa disembuhkan dengan getah buah pepaya ini.

10. Mengatasi gejala sakit gigi

Permasalahan pada gigi atau pun gusi jika tidak diatasi dengan cepat memang akan mengganggu aktivitas. Tahukah Anda jika gejala pada gigi bisa diatasi dengan mudah dengan memanfaatkan getah buah papaya? Anda harus membuktikannya.

 

SUMBER : https://www.khasiat.co.id/getah/buah-pepaya.html

Artikel ini telah tayang di www.khasiat.co.id dengan judul:12 Manfaat dan Khasiat Getah Buah Pepaya Untuk Kesehatan

 




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment